it’s okay to be in the receiving season

setuju enggak sih kalo gue bilang, life can be difficult at times. hidup enggak selamanya akan enak dan mulus.

tapi, cuma karena hidup kita lagi ngalamin season yang enggak enak, bukan berarti kita harus lewatin season ini dengan cara yang enggak enak. hmm susah ya jelasinnya kalau pake bahasa indonesia.

intinya, yes life can be difficult at times, but you don’t have to live it the difficult way.

gimana caranya? kelilingi diri lo / hidup lo dengan orang-orang baik yang bisa lo bagikan kondisi kehidupan lo dengan jujur. gue faham sih, kita tuh ada di budaya yang ga enakan, kayaknya enggan gitu untuk jujur soal kondisi pribadi kita, apalagi sampe minta pertolongan orang lain. makanya kebanyakan orang, termasuk gue, sepertinya lebih milih untuk curhat ke orang lain setelah masalah kita selesai.

budaya kita mengkonotasikan masalah sebagai sebuah kelemahan, sesuatu yang cacat atau negatif. sehingga respon pertama kita adalah malu dan cenderung tertutup.

tapi semakin kita menutup diri dan berusaha menyelesaikan masalah sendiri, semakin rugi kita. karena, gue percaya yang namanya jawaban atau jalan keluar dari masalah yang kita hadapi seringkali datang dari orang lain.

sesuai judul di atas, gue percaya hidup itu terbagi dalam beberapa musim. termasuk salah satunya musim memberi, dan musim menerima. kalau kita ada di season menerima, just enjoy it. jangan merasa gak enak, mulai aja dengan jujur ketika ditanya apa kabar, kita bisa bilang, “not good.” jangan merasa kecil hati ketika ada orang yang menawarkan bantuan. toh season itu cuma sementara. nanti akan ada saatnya kita di season memberi. mungkin kita bisa membalas kebaikan orang yang sudah membantu kita, atau bisa juga kita meneruskan kebaikan ke orang lain.

belajar berdamai dengan season menerima. karena suatu hari, gantian akan ada orang lain di season itu yang akan membutuhkan bantuan lo. entah itu cuma waktu lo, tenaga lo, saran lo, atau uang lo.

write to you later,
HG.

Life doesnt have to be difficult

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s